Mengawali awal tahun 2022, vaksinasi Covid-19 untuk anak sekolah usia 6-11 tahun di wilayah kerja Puskesmas Sukosari mulai dilaksanakan. Kegiatan dilakukan secara bertahap di setiap sekolah. Pada minggu pertama bulan Januari 2022, tim vaksin puskesmas mulai menyasar Sekolah Dasar wilayah Kelurahan Klegen. Hingga tanggal 7 Januari 2022,  sebanyak 910 siswa yang berasal dari SDN 01 Klegen, SDN 02 Klegen, SDN 03 Klegen, SDN 04 Klegen dan SDIT Siti Hajar sudah tervaksin.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 6688 tahun 2021, Vaksin yang dipergunakan untuk anak sekolah usia 6 –11 tahun adalah Vaksin Coronavac. Pemberian vaksin terhadap anak dilakukan sebanyak 2 (dua) kali dosis dengan interval minimal 28 (dua puluh delapan) hari. Tujuan pemberian vaksin untuk anak usia 6 – 11 tahun adalah untuk membentuk kekebalan kelompok / herd immunity. Diharapkan dengan adanya kekebalan pada kelompok anak usia 6 – 11 tahun dapat memutuskan mata rantai penularan Covid-19, khususnya di Kota Madiun.

Menurut penuturan Ibu Dewi selaku wali murid kelas 6 SDN 04 Klegen, beliau setuju dengan adanya kegiatan vaksinasi di sekolah ini. Selain memudahkan siswa, beliau juga berpendapat dengan adanya vaksinasi ini diharapkan dapat mencegah dan memutus rantai penularan Covid-19 yang saat ini sedang hangat diperbincangkan kembali karena varian barunya. Vaksin Covid-19 ini bagus dan penting dilakukan di lingkungan sekolah karena ketika proses belajar mengajar tatap muka dilakukan kekebalan akan tercipta dengan baik.

Dalam hal ini, orang tua dan sekolah memiliki peranan penting dalam kesuksesan penyelenggaraan kegiatan Vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun ini agar cakupan vaksinasi segera tercapai dan mendukung kegiatan pembelajaran tatap muka secara langsung. Bagi warga Kota Madiun yang putra/putrinya belum melakukan Vaksinasi Covid-19 atau tertunda dikarenakan suatu hal dan ingin melakukan Vaksinasi Covid-19 dapat melakukan vaksinasi di poli vaksin UPTD Puskesmas Sukosari pada Hari Selasa dan Kamis. 

Penulis : Nur Risca A., S.KM / Editor : Cherlly Rinandha, S.ST