Tahukah healthies, di Puskesmas Sukosari kini melayani konsultasi bagi masyarakat antara lain sebagai berikut :

  1. PKPR, merupakan singkatan dari Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja. PKPR merupakan program yang digalangkan pemerintah sejak tahun 2003 sebagai upaya untuk mengatasi masalah kesehatan remaja baik promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif di dalam maupun diluar gedung Puskesmas. Pelayanan kesehatan yang ditujukan dapat dijangkau oleh remaja, menyenangkan, menerima remaja dengan tangan terbuka, menghargai remaja, menjaga kerahasiaan, peka akan kebutuhan terkait dengan kesehatannya, serta efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan remaja. Tujuan PKPR di Puskesmas : 1)  Meningkatkan penyediaan pelayanan kesehatan remaja yang berkualitas, 2) Meningkatkan pemanfaatan puskesmas oleh remaja untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, 3) Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja dalam pencegahan masalah kesehatan, 4) Meningkatkan keterlibatan remaja dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelayanan kesehatan remaja.
  2. VCT – HIV – IMS, VCT merupakan singkatan dari Voluntary Counselling and Testing, HIV merupakan singkatan dari Human Immunodeficiency Virus, sedangkan IMS adalah singkatan dari Infeksi Menular Seksual.
  3. UBM, merupakan singkatan dari Upaya Berhenti Merokok. Pelayanan konsultasi ini dapat dimanfaatkan bagi perokok yang ingin mulai menghentikan kebiasaan perilaku merokoknya.
  4. SANITASI, layanan konseling sanitasi ini merupakan upaya yang mengintegrasikan pelayanan kesehatan promotif, preventif dan kuratif yang difokuskan pada penduduk yang beresiko tinggi. Usaha ini dimaksudkan untuk mengatasi masalah penyakit berbasis lingkungan pemukiman yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan bersma-sama dengan masyarakat.
  5. KONSULTASI KESEHATAN JIWA DAN KEKERASAN ANAK, layanan kesehatan jiwa dan kekerasan anak di Kota Madiun terus ditingkatkan pengembangannya baik kuantitas dan pelayanannya, salah satunya kini hadir di Puskesmas Sukosari.

 

Informasi lebih lanjut bisa didapatkan melalui nomor hotline (kode lokal) (0351) 464402, Whatsapp : 0895703303500, alamat email : pkmsukosari.kotamadiun@gmail.com
#INFOKES
#SUKRO
#SUKOSARIWOROWORO
#PuskesmasSukosariKotaMadiun